king

Home » , , , , » Modul Tugas Pemrograman II (Turbo Pascal)

Modul Tugas Pemrograman II (Turbo Pascal)


-->
Berdalih membantu teman teman yg belon punya tugas maka gua buat and postig Modul Tugas ini. Meski hanya sebatas dasar dari pengetahuan Pemrograman Turbo Pascal , moga aja bisa membantu namet-namet yang bon menyelsaikan tugasnya. 
Oks .........

Lanjut  ....................

Oks' Kita Mulai Aja deh ...



Tugas 1 :

Bahasa (language)
Adalah suatu sistim untuk berkomunikasi. Bahasa tertulis menggunakan simbol (yaitu huruf) untuk membentuk kata. Dalam ilmu komputer,bahasa manusia disebut bahasa alamiah (natural languages), dimana komputer tidak bisa memahaminya, sehingga diperlukan suatu bahasa komputer.

Bahasa pemrograman (programming language)
Program merupakan sekumpulan instruksi yang merupakan penyelesaian masalah. Program ‘dimasukkan’ kedalam komputer, komputer mengerjakan instruksi-instruksi di dalam program tersebut, lalu memberikan hasil atau keluaran yang diinginkan. Agar program dapat dilaksanakan oleh komputer, program tersebut harus ditulis dalam suatu bahasa yang dimengerti oleh komputer. Karena komputer adalah mesin maka program harus ditulis dalam bahasa yang khusus dibuat untuk berkomunikasi dengan komputer. Bahasa komputer yang digunakan dalam menulis program dinamakan bahasa pemrograman.

Jadi bahasa pemrograman yaitu kumpulan perintah-perintah bermakna, berstruktur tertentu (syntax) yang dapat dimengerti komputer yang berguna didalam penyelesaian masalah.

Pascal merupakan salah satu bahasa program tingkat tinggi yang memerlukan proses penerjemahan oleh komputer yang sangat rumit yang disebut COMPILER atau INTERPRETER

ü  Interpreter
Interpreter adalah suatu program komputer yang mampu menerjemahkan program dari bahasa tingkat tinggi yang dimengerti oleh manusia dan langsung menjalankan program tersebut. Kerja interpreter seperti penerjemah untuk turis yang langsung menerjemahkan kalimat demi kalimat yang dikatakan oleh sang turis.

ü  Kompilator(Compiler)
Kompilator adalah suatu program komputer yang membaca seluruh program dari bahasa tingkat tinggi yang dimengerti oleh manusia dan kemudian menerjemahkan keseluruhan program tersebut dalam bahasa mesin. Program yang sudah diterjemahkan tersebut akhirnya akan dijalankan oleh komputer. Kerja kompilator seperti penerjemah buku yang akan menerjemahkan seluruh buku sekaligus, sehingga setiap orang bisa mengerti makna buku dalam bentuk terjemahannya.


Tugas 2 :
Tugas 2.1
Contoh Kasus dan Penyelesaian :

Program Mencari Luas
Kamus :
Tentukan terlebuih dahulu Variabel/Peubah/Penampung Tipe Data Yang diperlukan :
P          : integer            {tempat simpan nilai panjang}
L          : integer            {tempat simpan nilai lebar}
Luas     : integer                        {tempat simpan nilai luas}

Tugas 2.2
Algoritma :
            Masukkan Nilai  “Panjang“
            Masukkan Nilai  “Lebar“
            Proses Nilai Luas Yakni := Panjang x Lebar
            Cetak Hasil (‘Luas persegi panjang adalah : ‘, Luas)



Tugas 2.3
Dalam Bentuk Flowchart :
Terlihat di sini ada sebuah instruksi output  tetapi tanda petik yang ada di kata Luas. Artinya perintah ini adalah mengeluarkan nilai yang ada di dalam tempat yang bernama luas.


Dalam bahasa pemrograman Pascal perintah assigment ini menggunakan simbol titik dua dan diikuti dengan tanda sama dengan jadi :=

Sehingga program di atas menjadi :

Tugas 2.4
Program mencari_Luas;
uses crt :
var                              {Kamus :}
P        : integer;           {tempat simpan nilai panjang}
L         : integer;           {tempat simpan nilai lebar}
Luas    : integer;           {tempat simpan nilai luas}
{Algoritma :}
Begin    clrcrn;
 Write(‘Masukkan Panjang : ‘); readln(P);
Write(‘Masukkan Lebar       : ‘); readln(L);
             L := 5 ;
             Luas := P * L ;
            writeln (‘Luas persegi panjang adalah : ‘, Luas)
           Readkey;
end.

Mohon Bagi Para master yg telah jauh meninggalkan kami ini hanya sekedar membantu yg lagi belajar jalan menaiki tangga ..... op'ssss belajar program ......
yang jelas modul ini dikutip dari para Master yang terlampau jauh untuk kita dahului ....
Penulis :
Renaten A.
FIKOM GTLO


0 komentar: